Wejangan Panitia HPN Di Rumah Jowo, Wartawan Harus Pegang Teguh 4 Azas Kode Etik Jurnalistik

NGANJUK, MEMO – Dunia jurnalis harus mengacu 4 azas kode etik jurnalistik. Yaitu azas demokratis, profesionalitas, moralitas dan azas supermasi hukum.

Hal itu seperti disampaikan Kusno Lindu Aji selaku ketua panitia Hari Pers Nasional ( HPN) yang digelar hari ini ( Kamis, 7/03/2024) di Rumah Jowo Kandek , Baron, Nganjuk.

Read More

Dihadapan para awak media , Kusno Lindu Aji membeberkan bahwa keempat azas tersebut harus dipegang teguh oleh insan pers dalam menjalankan profesinya sebagai lembaga independen yang dilindungi Undang Undang Pers nomor 40 tahun 1999.

Azas demokratis artinya bahwa wartawan harus melayani hak jawab dan hak koreksi secara proposional. Sementara azas profesionalitas mengharuskan wartawan harus menguasai profesinya, baik dari segi teknis maupun filosofinya.

Dan tak kalah pentingnya masih disampaikan Kusno bahwa wartawan harus mengerti dan paham azas moralitas. Artinya wartawan tidak boleh menyalahgunakan profesinya atau tidak menyuguhkan berita tendensius dan menyiarkan informasi bermuatan SARA dan Gender.

” Untuk azas supermasi hukum mengandung maksud bahwa wartawan bukanlah profesi yang kebal hukum. Untuk itu, wartawan harus tunduk dan patuh dengan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Untuk diketahui peringatan HPN kali ini tidak hanya dihadiri oleh kelompok lintas media dan LSM di wilayah Kabupaten Nganjuk saja, namun dihadiri pula kelompok kepala desa wilayah Kecamatan Baron dan anggota Babinsa Koramil Baron. Juga tokoh agama ikut hadir dan menyaksikan jalannya acara hingga usai.

Peringatan HPN ditandai dengan potong tumpeng dan makan bersama sebagai tanda kebersamaan yang solid.Meskipun terkesan sederhana namun khidmat.

Harapan kami lebih jauh disampaikan Kusno semoga insan pers khususnya yang ada di Kabupaten Nganjuk tetap junjung tinggi kode etik jurnalistik dan eksis berkarya.

” Media adalah agen informasi. Maka sampaikan informasi yang akurat dan akuntabel kepada publik. Dan jangan lupa media adalah pilar demokrasi yang keempat. Maka sesuai tema peringatan HPN tahun ini yaitu mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa , maka tunjukkan jati diri pers yang memiliki jiwa profesional yang bermartabat,” pungkasnya. ( adi )

@Mulyadi
Author: @Mulyadi

Wartawan MEMO Nganjuk, Seniman Lukis

Akses Gratis tiap pekan, Majalah Memo digital, e-Book Memo dan e-Course Memo Talenta , via Group WA Klikdisini, atau TELEGRAM Klikdisini

Related posts